Beasiswa Rusia

Beasiswa Rusia Diulas oleh pada . tulisan berikut membahas tentang Beasiswa Rusia

Pemerintah Federasi Rusia setiap awal tahun menawarkan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di Rusia untuk jenjang S1, S2 dan juga S3. Seperti halnya dengan beasiswa program lain, beasiswa Rusia juga diberikan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia pada khususnya. Tawaran beasiswa Rusia ini cukup  menarik karena program yang diberikan variatif, [...]

Rating: 5

beasiswa RusiaPemerintah Federasi Rusia setiap awal tahun menawarkan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di Rusia untuk jenjang S1, S2 dan juga S3. Seperti halnya dengan beasiswa program lain, beasiswa Rusia juga diberikan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia pada khususnya.

Tawaran beasiswa Rusia ini cukup  menarik karena program yang diberikan variatif, mulai dari jenjang S1 hingga jenjang S3. Berikut beberapa persyaratan yang diberikan untuk masing-masing jenjang.

  1. Strata 1

Untuk jenjang strata 1, beasiswa Rusia memberikan persyaratan nilai ijazah rata-rata minimal 8.0 untuk mata pelajaran yang sesuaidengan program studi yang anda pilih. Tentunya juga nilai anda tidak ada nilai merah untuk mata pelajaran lain. Anda lulus dari pendidikan SMA tidak lebih dari 3 tahun dan juga melengkapi berkas-berkas yang diperlukan.

  1. Strata 2

Untuk jenjang strata 2, beasiswa Rusia memberikan persyaratan diantaranya yaitu IPK minimal ketika anda menempuh S1 yaitu 2.75, usia maksimal anda adala 27 tahun dan tentunya juga melengkapi berkas-berkas yang diperlukan.

  1. Strata 3

Sedangkan untuk jenjang strata 3, persyaratan yang harus anda penuhi jika anda mengajukan permohonan beasiswa Rusia ini yaitu lulus jenjang pendidikan S2, memiliki pengalaman kerja sesuai spesialisasi, usia maksimal anda 35 tahun, anda juga harus membuat proposal maksimal 2 halaman tentang tema penelitian ilmiah dalam 3 bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan juga bahasa Rusia, menyertakan rekomendasi 2 profesor serta melengkapi berkas-berkas yang diperlukan.

Adapun berkas-berkas yang harus anda penuhi ketika anda mengajukan permohonan beasiswa Rusia diantaranya yaitu:

  1. Mengisi lembar aplikasi formulir pendaftaran
  2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir lembaga pendidikan yang mengeluarkan.
  3. Terjemahan ijazah dan transkrip nilai dalam Bahasa Inggris oleh lembaga yang mengeluarkan/ penerjemah tersumpah dan cap notaris
  4. Fotokopi akta kelahiran
  5. Terjemahan akta kelahiran dalam Bahasa Inggris oleh lembaga yang mengeluarkan atau penerjemah tersumpah dan cap notaries
  6. Surat keterangan lulus uji kesehatan yang menggunakan Bahasa Inggris
  7. Surat keterangan bebas HIV/AIDS dalam Bahasa Inggris
  8. Fotokopi berwarna dari lembar pertama paspor. Masa berlaku paspor terhitung minimal 1,5tahun
  9. Mengisi lembar surat jaminan orangtua atau wali
  10. Data diri lengkap
  11. Lembar pasfoto 4×6 berwarna
  12. Untuk poin 1-10 dibuat rangkap 2 dan dimasukkan ke 2 map kuning (S1)/ 2 map merah (S2)/ 2map hijau (S3). Poin 1-11 discan dalam format jpeg di sekeping CD data
  13. Membayar biaya administrasi Rp.500.000,- (setelah wawancara)

Apabila anda berniat untuk mengajukan pendaftaran beasiswa Rusia, anda dapat memilih jurusan yang anda inginkan. Tetapi untuk penempatan kota dan Universitas ditentukan oleh Kementrian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Federasi Rusia. Jika anda diterima, anda akan memperoleh beberapa fasilitas yang diberikan diantaranya gratis biaya pendidikan selama 5 tahun untuk S1, 3 tahun untuk S2 dan S3 serta uang saku perbulan ± 1400 RUB atau ±46 USD tergantung dengan peraturan Universitas. Sehingga untuk biaya lain, penerima beasiswa Rusia harus menyediakannya sendiri, diantaranya yaitu:

  • Pengurusan visa studi 50 USD
  • Tiket pesawat Jakarta-Moskow ±600USD
  • Biaya penjemputan, transportasi dari airport ke tempat tujuan dan registrasi paspor ± 300 USD
  • Uji kesehatan di Rusia ± 250 USD
  • Uang saku untuk pengeluaran pribadi ± 350 USD/bulan
  • Pembuatan visa dan polis asuransi ± 300 USD/tahun
  • Biaya sewa asrama mahasiswa ± 150 USD/tahun

Oleh karena itu, sebelum anda mendaftar beasiswa Rusia, pestikan anda memiliki biaya yang harus anda tanggung sendiri untuk mempermudah studi anda. Jika anda telah siap, berkas lamaran beasiswa Rusia dapat diantar langsung atau melalui jasa pos atau kurir. Semoga penjelasan mengenai beasiswa Rusia ini bermanfaat untuk anda.

banner ad

Comments are closed.